Saturday, October 4, 2014

 10/04/2014 11:15:00 AM      No comments

1. Luangkan Waktu Untuk Beristirahat dan Relaksasi

Bekerja dalam waktu yang lama pastinya sangat menguras tenaga dan pikiran. Di saat-saat jenuh seperti itu, orang-orang kreatif tidak akan bisa berpikir jernih dan bekerja secara efektif. Pasti akan selalu bergelut dengan rasa penat.
Maka beristirahat sejenak dan mengerjakan hal-hal yang disukai tentu sangat dibutuhkan untuk mengembalikan performanya. Saat pikirannya sudah fresh, itulah saat yang tepat untuk berkreasi lagi.

2. Tantang Diri Sendiri

Orang yang kreatif selalu mau untuk mengembangkan dirinya dan tidak mau berlama-lama di zona nyaman untuk menjadi orang yang kreatif. Buatlah sebuah rencana dalam periode waktu tertentu secara bertahap.
Tantanglah dirimu untuk merealisasikan rencanamu itu. Jika kamu sudah bertahun-tahun menjadi seorang pegawai, mengapa tidak mencoba untuk mengembangkan usahamu sendiri? Perubahan akan memaksamu untuk belajar sesuatu yang baru dan dengan ketekunan usahamu tidak akan sia-sia.

3. Mengamati Sesuatu yang Dikerjakan Orang Lain

Kreativitas juga dapat dibangun dengan mempelajari apa yang dilakukan oleh orang lain. Dari situ kamu bisa mendapatkan inspirasi dan ide-ide untuk membuat karyanya sendiri. Watch and learn from the best!

4. Menuliskan Apa Saja yang Ada di Pikiran

Kebanyakan di antara orang-orang yang kreatif memiliki suatu kebiasaan yang sangat membantu untuk melatih kreativitasnya. Misalnya sering membawa buku tulis dan bolpen ke manapun dia pergi.
Mengapa? Karena ide bisa muncul kapan saja saat Anda melihat atau mendengar sesuatu. Ide bisa cepat terlupakan apabila Anda tidak menuliskannya di buku tulis.
Ini penting karena ide adalah sesuatu yang priceless dan merupakan pondasi untuk mengerjakan sesuatu. Akan sangat disayangkan apabila ide yang terlintas terlupakan begitu saja.

5. Selalu Ingin Tahu Terhadap Apapun

Saat seseorang membangun ketrampilan dan kreativitasnya, dia harus selalu memiliki keingintahuan yang kuat terhadap segala hal. Lama kelamaan orang kreatif ini bisa menghasilkan atau menemukan sesuatu yang belum pernah dihasilkan atau ditemukan oleh orang lain.
Contoh figur terkenal yang memiliki sifat ini adalah Sir Isaac Newton, hukum gravitasi yang ia temukan adalah hasil dari sikap keingintahuannya setelah melihat sebuah apel jatuh dari pohon. Jika ia bersikap cuek terhadap apa yang ia lihat, ia tidak akan pernah menemukan teori gravitasi. Hilangkan rasa takut, bangun keingintahuan! Itu kuncinya.

6. Menyediakan Waktu untuk Sendiri

Orang yang kreatif membutuhkan waktu untuk dirinya sendiri. Suasana dan tempat yang tenang membuatnya mampu berpikir dan berkonsentrasi. Sebaliknya jika dia mengerjakan sesuatu sambil menyalakan TV atau berbicara dengan orang lain, itu akan mengalihkan pikiran dan dia tidak akan bisa bekerja secara efektif.

7. Banyak Membaca

Sederhana saja, intensitas membaca yang tinggi akan meningkatkan pengetahuan terhadap berbagai macam hal. Koran, buku, majalah, portal berita online dan ebook adalah contoh-contoh bacaan yang bisa bermanfaat bagi kamu yang kreatif.
Banyaknya wawasan dan pengetahuan yang diperoleh dari membaca akan sangat meningkatkan kreativitas. Mengapa? Karena ketika seseorang menghadapi suatu tantangan dia mampu berpikir, berencana dan bertindak dengan menggunakan berbagai macam informasi yang tersimpan di otaknya.
Ingat! Informasi yang akurat adalah salah satu faktor penting yang menentukan keberhasilan seseorang dalam pekerjaan. Informasi tersebut bisa didapat dari banyak membaca (selain melakukan penelitian sendiri atau beritanya pada orang lain).

8. Berkomunikasi dengan Banyak Orang

Apa ada hubungan antara kreativitas dengan berkomunikasi dengan banyak orang? Tentu saja ada. Komunikasi seringkali memuncukan ide-ide yang tidak pernah dibayangkan sebelumnya.
Terdengar simpel namun efektif. Banyak orang yang dengan sukarela mau menularkan pengetahuannya dan pandangannya terhadap suatu hal. Orang yang kreatif suka bergabung dengan suatu komunitas dan mereka berkomunikasi secara aktif di sana, mereka akan menemukan banyak ide dan peluang dari situ.

9. Melakukan Sesuatu yang Berbeda

Melakukan pekerjaan yang sama secara terus-menerus lama kelamaan akan membuat orang merasa jenuh. Selain itu pengetahuan dan keterampilan mereka hanya terbatas di pekerjaan itu saja.
Orang yang terus meningkatkan kreativitasnya pasti berani mengerjakan hal-hal yang belum pernah atau jarang ia lakukan sebelumnya dan lebih baik lagi jika kegiatan baru yang dia lakukan mendukung perkembangan pekerjaan utamanya. Misalnya, dia adalah seseorang yang berprofesi sebagai penyanyi, dia bisa mengembangkan dirinya dengan mulai belajar bermain musik. Dengan itu dia bisa lebih mengimprovisasi penampilannya secara kreatif.

0 komentar:

Post a Comment

KONTAK

KANTOR PUSAT:
JL. DANAU SEMAYANG IV BLOK E 2D NO. 14 MALANG 65138
TELP. 085745421958
HP. 081334901059
suharsihdiaskencana@gmail.com

Kategori

Obrolan Dinding

Popular Posts

Online

Powered by Blogger.

WAKTU HARI INI