Friday, May 31, 2013

 5/31/2013 06:05:00 PM      No comments
1. percaya pada diri sendiri
tanpa percaya pada kemampuan diri sendiri mustahil kita dapat meraih apa yang kita cita-citakan, dan akan selalu bergantung pada kemampuan orang lain. Akibatnya, kita tidak pernah merasa yakin bahwa kita mampu mengerjakan sesuatu pekerjaan. Sebab, pekerjaan yang ringan sekalipun akan terasa berat da sukar dilaksanakan bila tidak percaya pada diri sendiri. Karena itu, sebelum kita mengerjakan sesuatu yang berta sekalipun, yakinlah pada diri sendiri bahwa kita sanggup melakukannya.
2. sikap optimis
nabi besar Muhammad SAW pernah mengeaskan "harapan adalah rahmat Tuhan bagi manusia" kalau bukan karena harapan tiadalah seorang ibu akan melahirkan anak, tiadalah seorang petani akan dusi menerbarakan bibit"
3. jangan ragu
tokoh legendaris dunia, Alexander Agung berkata, "karena saya tidak pernah ragu-ragu, maka saya memperoleh kemenangan-kemenangan yang gemilang". Secara histories, Alexander Agung beserta prajurit-prajuritnya telah membuktikan bahwa ketidakraguan adalah alat yang paling ampuh untuk meraih sukses. Di dalam jiwa dan raga manusia sesungguhnya bersemayam kekuatan-kekuatan besar yang kebanyakan belum dimanfaatkan.
4. berani menghadapi tantangan
tantangan adalah bagian yang tak terpisahkan dari hidup ini.namun diantara sekina banyak tantangan yang ada, tantangan yang bersumber dari dalam diri sendirilah yang paling membahayakan. Ia merupakan "musuh dalam selimut". Adanya perasaan takut akan kegagalan merupakan manifestasi dari tantangan yang bersumber dari dalam diri sendiri.
5. tabah dan tidak cepat putus asa
hal ini bagian yang tak terpisahkan dan sangat mempengaruhi keberhasilan. Tantangan yang kecil sekalipun dapat saja dengan mudah mengagalkan sukses yang ingin kita raih. Sebenarnya kegagalan tersebut tidak perlu terjadi bila kita tidak cepat putus asa dan tabah menghadapi tantangan. Sang Budha gautama berkata: ujian besar bagi orang besar adalah ketabahan hatinya". Sesungguhnya kegagalan itu tidak ada, yang ada hanyalah tertundanya kesuksesan.
6. rebut kesempatan
ali bin Abu Thalib berkata "kesempatan datangnya seperti awan berlalu, Karena itu, pergunakanlah selagi ia tampak di hadapanmu". Seorang tokh dunia juga berkata, "rahasia hampir setiap sukses ialah sikap sedia menikam kesempatan bila ia muncul". Kita sering membiarkan begitu saja kesempatan baik berlalu dihadapan kita. Penyebab utamanya adalah rasa ragu dan kurang percaya diri yang telah lam bersemayam di jiwa kita.
7. jangan menunda pekerjaan
Thomas Alfa Edison, si penemu bola listrik berkata, "Genius itu, 1% berupa inspirasi dan 99% berupa cucuran keringat, dan pesan yang disampaikannya adalah apa yang dapat kita kerjakan. Menunda-nunda pekerjaan hanya akan menyebabkan tertundanya pekerjaan. Perlu kita ketahui Thomas Alfa Edison dapat menciptakan bola listrik membutuhkan kurang lebih seribu kali percobaan, yang sangat melelahkan.
8. memanfaatkan waktu luang
"sesungguhnya perbedaan orang yang paling besar antara orang-orang yang sukses dengan orang-orang yang tidak sukses, terletak cara mereka menggunakan waktu luang", kita tidak harus bekerja baik, tetapi juga harus menggunakan waktu senggang dengan baik. Ingatlah bila kita memiliki waktu luang. Sudahkah waktu luang itu dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya? Jika tidak cobalah mulai dari sekarang.
9. ora et labora
pepatah ini artinya berdoa sambil bekerja. Pepatah ni memang klasik, tapi prinsipil. Doa dapat memacu rasa percaya diri dan sekaligus melenyapkan keragu-raguan kita. Dan Tuhan tentunya akan mengasihi setiap orang yang mengharapkan kasih.
10. tidak cepat merasa puas
Abraham Lincoln berkata " Barang siapa yang tidak lekas merasa puas dengan diri sendiri, ia akan mendapat kemajuan" tidak ada salahnya bila kita menghayati dan menerapkan resep yang diberikan oleh tokooh legendaries Amerika Serikat ini.  

0 komentar:

Post a Comment

KONTAK

KANTOR PUSAT:
JL. DANAU SEMAYANG IV BLOK E 2D NO. 14 MALANG 65138
TELP. 085745421958
HP. 081334901059
suharsihdiaskencana@gmail.com

Kategori

Obrolan Dinding

Popular Posts

Online

Powered by Blogger.

WAKTU HARI INI